Ilmuwan Menemukan Planet Mirip Bumi

Usaha para ilmuwan dalam mencari tanda-tanda kehidupan di alam semesta, termasuk planet asing yang mirip dengan Bumi, kabarnya bakal segera terwujud. Hal itu tercermin pada konferensi pencarian kehidupan di alam semesta yang diadakan di markas Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) di Washington.

Diskusi difokuskan tidak hanya pada pertanyaan filosofis "apakah kita sendirian di alam semesta", tapi juga pada kemajuan teknologi yang dibuat untuk menjawab pertanyaan itu.

"Kami sangat yakin, dalam kaitannya dengan teknologi dan ilmu pengetahuan, benar-benar akan menemukan Bumi lain. Selain kesempatan untuk menemukan tanda-tanda kehidupan di planet lain," kata Sara Seager, seorang profesor ilmu planet dan fisika di Massachusetts Institute of Technology.

Sementara itu astronot John Grunsfeld mengatakan, mencari kembaran Bumi bagaikan mencari piala suci. John Grunsfeld adalah astronot yang membantu memperbaiki teleskop luar angkasa Hubble pada 2009 dan sekarang menjadi administrator asosiasi di NASA.

Sejumlah penelitian tentang calon planet-planet pengganti Bumi sudah mengemuka. Para peneliti berhasil mengungkapkan sebuah planet alien baru yang mungkin dapat mendukung kehidupan. Jarak planet tersebut dari Bumi hanya 16 tahun cahaya dan besarnya lima kali masa Bumi sehingga disebut 'Bumi Super'.(http://www.dream.co.id/)
 
Sikasik News © . All Rights Reserved.